SDN SUKADANAU 05 RAIH PENGHARGAAN RAKSA PRASADA ADIWIYATA DARI PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

SDN 05 Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat “RAKSA PRASADA” kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup Adiwiyata tahun 2020. Penghargaan diserahkan secara simbolis dan melalui sambungan daring oleh Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Selasa (8/12) kemarin.

Keterangan foto: SDN 05 Sukadanau menerima penghargaan Raksa Prasada Kategori
Sekolah Berbudaya Lingkungan Adiwiyata melalui sambungan daring dari Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat

Dalam sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil mengapresiasi pencapaian yang diraih sekolah-sekolah penerima penghargaan atas kepedulian dan komitmennya terhadap lingkungan hidup. Memiliki tugas berat untuk mengubah pola pikir tentang pengelolaan lingkungan yang baik dari usia dini, diemban oleh sekolah. Maka itu, peran sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan sangat lah penting.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh sekolah yang ada di Jawa Barat, untuk meningkatkan upayanya dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup. Bagi para penerima penghargaan, saya harap akan semakin baik lagi kedepannya. Bagi sekolah yang masih belum maksimal upayanya dalam pelestarian lingkungan, harus kita evaluasi bersama agar mampu memaksimalkan perannya,” jelas Ridwan Kamil.

Raihan sekolah yang juga merupakan bagian dari pendampingan program keberlanjutan Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) ini, sangat disyukuri oleh berbagai pihak. Kepala Sekolah SDN 05 Sukadanau, H. Endang, menuturkan rasa bangganya atas pencapaian yang dilakukan oleh tim sekolah yang dipimpinnya tersebut.

“Pencapaian yang luar biasa dari seluruh elemen sekolah, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua siswa, yang sudah memberikan dukungan maksimal atas keberhasilan ini. Tidak lupa, tentunya, dukungan luar biasa manajemen Amatil Indonesia, yang sudah senantiasa mendampingi kami mulai dari tahun 2017 hingga akhirnya kami mampu menjadi salah satu sekolah berbudaya lingkungan terbaik di Provinsi Jawa Barat,” ucap Endang.

Bersama satu sekolah dasar dan dua sekolah setingkat menengah pertama lainnya, SDN Sukadanau 05 mewakili Kabupaten Bekasi menjadi yang terbaik dalam bidang lingkungan hidup bersama 121 sekolah lain yang menerima penghargaan Adiwiyata pada tahun ini. Keberhasilan ini merupakan hasil dari penilaian yang meliputi kebersihan, penghijauan, kurikulum, dan kelengkapan sarana prasrana yang dilakukan oleh tim verifikasi pada bulan Oktober lalu.

Pencapaian ini tidak terlepas dari peran aktif Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), sebagai perusahaan yang mendampingi SDN Sukadanau 05 menjadi sekolah berbasis lingkungan sejak tahun 2017. Langkah yang dilakukan CCAI dalam hal pendampingan ini didasari oleh kesadaran akan terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, baik guru, karyawan sekolah, dan pelajar, untuk bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Sejak Oktober 2017, bersama dengan CCAI, warga SDN Sukadanau 05 yang terdiri dari sekitar 600 pelajar dan 21 guru dan karyawan sekolah bersama-sama melakukan kegiatan yang berpedoman pada Sekolah Berbudaya Lingkungan (tingkat Provinsi/Nasional disebut Sekolah Adiwiyata). Kegiatan pendampingan sendiri menerapkan prinsip Adiwiyata; edukatif, partisipatif, berkelanjutan.

Dengan dicapainya prestasi kali ini, SDN 05 Sukadanau berhak mewakili Kabupaten Bekasi diajang penghargaan yang sama di tingkat yang berbeda, yaitu tingkat Nasional pada tahun 2021 mendatang.