JAKARTA, 3M Indonesia menyelenggarakan 3M Safety Technology Day untuk kali pertama di Indonesia di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah, 12 Oktober 2017. Bertepatan dengan ini, 3M Indonesia juga meluncurkan Safety Mobile Training Center, yang ditujukan menyokong program perilaku keselamatan pemerintah di Indonesia. Kegiatan yang sudah menjadi komitmen secara global ini, bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk pengembangan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Komitmen tersebut mempertimbangkan kondisi budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Indonesia sekarang ini. Mengutip data terakhir dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, tercatat sebanyak 101.367 kasus di 17.069 perusahaan dari total 359.724 perusahaan yang terdaftar dengan korban meninggal dunia sebanyak 2.382 orang sampai dengan November tahun 2016. DKI Jakarta dan Jawa Barat menempati urutan pertama dan kedua dengan kisaran angka di atas 26 ribu kasus.

Oleh karenanya di tahun 2017 ini merupakan tahun ke-3 bagi pemerintah Indonesia untuk terus-menerus berusaha mewujudkan kemandirian masyarakat berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada tahun 2020. Salah satunya pengendalian akan terjadinya kecelakaan kerja yang tertulis dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. PER.08/MEN/VII/2010. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa pengusaha wajib menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) bagi pekerja/buruh di tempat kerja dimana APD tersebut harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) atau standar yang berlaku. Selain itu, pengusaha atau pengurus wajib melaksanakan manajemen APD di tempat kerja yang meliputi kegiatan identifikasi kebutuhan dan syarat APD; pemilihan APD yang sesuai dengan jenis bahaya dan kebutuhan/kenyamanan pekerja/buruh; pelatihan; penggunaan, perawatan, dan penyimpanan; penatalaksanaan pembuangan atau pemusnahan; pembinaan; inspeksi; serta evalusi dan pelaporan.

“Guna mencapai tujuan dari K3 Nasional yaitu “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”, hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak dan unsur pemerintah termasuk pemerintah daerah, lembaga, masyarakat industri maupun masyarakat pada umumnya. Sehingga dengan demikian semua pihak berkewajiban untuk berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya di bidang K3 secara terus menerus dan berkesinambungan. Oleh karenanya, pemerintah merasa perlu untuk mendukung kegiatan inisiatif dari 3M Indonesia ini yang bertujuan untuk terus melakukan edukasi dalam menurunkan angka kecelakaan kerja di Indonesia. Kami berharap melalui3M Safety Technology Day dan Safety Mobile Training Center, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan efektivitas atau nilai guna APD bagi para pekerja, dimana APD merupakan dasar hirarki pengendalian bahaya kerja,” jelas Sugeng Priyanto, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK dan K3), Kementerian Ketenagakerjaan RI.

3M Safety Technology Day ini tidak hanya dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Kemenaker Republik Indonesia, begitu juga berbagai pakar internal dari 3M global maupun Indonesia. Selama acara berlangsung, 3M Indonesia menyelenggarakan rangkaian workshop dan pelatihan seputar budaya keselamatan dan kesehatan kerja, serta menampilkan jajaran produk unggulan dari lini bisnis Worker & Safety bagi puluhan peserta yang hadir. Selain itu, 3M juga memperkenalkan Safety Mobile Training Center, sebuah truk berukuran 14 meter yang akan berkeliling ke sejumlah titik di Indonesia. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, Safety Mobile Training Center akan menjadi sarana pelatihan dan edukasi seputar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi auditor maupun pelanggan 3M Indonesia.

Sashidharan Sridharan, President Director 3M Indonesia, menyatakan, “Di 3M, seluruh kegiatan yang kami lakukan mengacu pada prinsip utama kami, yaitu mengaplikasikan ilmu pengetahuan di setiap aspek kehidupan manusia. Pengalaman serta kepemimpinan perusahaan kami secara global yang telah lama dalam hal memajukan keamanan di tempat kerja ini juga sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia dalam mengaplikasikan keselamatan dan kesehatan kerja di tahun 2020. Kami berkomitmen untuk selalu menyediakan solusi terbaru dan terbaik bagi masyarakat Indonesia di bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu, kami juga akan terus mengadakan pelatihan dan penyuluhan untuk mengedukasi para pelanggan mengenai bagaimana cara memilih alat pelindung diri yang paling sesuai dan bagaimana cara penggunaannya yang tepat.”

3M selalu mengedepankan teknologi berbasis ilmu pengetahuan sehingga dapat memberikan solusi yang tepat bagi setiap kebutuhan pelanggan di Indonesia. Saat ini, solusi bagi masyarakat Indonesia yakni dengan kegiatan 3M Safety Technology Day dan Safety Mobile Training Center.

“Kami melihat bahwa saat ini, bukan hanya kesadaran masyarakat dalam menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang perlu diperhatikan, melainkan lebih kepada efektivitas atau nilai guna APD bagi para pekerja. APD merupakan dasar pengendalian bahaya akibat kerja. 3M Safety Technology Day dan Safety Mobile Training Center merupakan bentuk nyata dukungan kami terhadap program-program pemerintah untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia pada khususnya melalui penggunaan APD dan juga untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kerja di Indonesia. Beberapa waktu lalu, kami melakukan edukasi seputar pentingnya penggunaan respirator untuk melindungi pekerja dari resiko penyakit akibat kerja dan sosialisasi anti barang palsu (anti counterfeit campaign), hari ini kami kembali melakukan edukasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja terutama dalam hal perlindungan pada pendengaran dan bekerja di ketinggian,” jelasAudist Subekti, PhD, Business Director Infrastructure, Construction, Energy and Government Market PT 3M Indonesia.

3M Safety Mobile Training Center akan berkeliling ke area industri dan para distributor di kawasan Jabodetabek. Melalui kehadiran Safety Mobile Training Center ini, 3M berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak masyarakat yang memahami pentingnya penggunaan alat pelindung diri, cara memilih alat pelindung diri yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maupun cara penggunaannya yang paling efektif. (KI)

Web Traffic

2.png2.png3.png4.png8.png7.png
Today267
Yesterday779
This week3712
This month18077
Total223487

Visitor Info

  • IP: 54.81.6.121
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

4
Online

2017-10-20

Cari Info