Jakarta - Pada 31 Oktober mendatang seluruh gerbang tol hanya melayani transaksi elektronik atau dengan e-toll. Bersamaan dengan itu, muncul alat bantu penempelan kartu atau uang elektronik di mesin reader gerbang tol yang dikenal dengan sebutan tongtol atau tongkat e-toll.

Inovasi tongtol didesain untuk memudahkan pengemudi yang kesulitan menjangkau Gerbang Tol Otomatis (GTO), salah satunya ialah pengemudi kendaraan besar seperti truk. Saat ini, kendaraan besar seperti truk memiliki posisi bangku yang lebih tinggi dari kendaraan biasa, mereka kesulitan untuk menempelkan e-toll ke mesin GTO karena jauhnya jarak.

Menanggapi hal itu Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan, mengatakan tongtol hadir di momen yang tepat mengingat seluruh gerbang tol hanya akan melayani transaksi dengan e-toll. "Kemarin di media sosial ramai ada tongkat tongtol itu. Itu seperti tongsis, momentnya pas dengan aturan yang mau berlaku," kata Gemilang (13/9/2017).

Namun demikian, Gemilang belum bisa memastikan apakah tongtol ini benar-benar dapat memudahkan pengemudi untuk melakukan transaksi di GTO. Pasalnya, dia mengaku belum melihat secara langsung tongtol tersebut.

"Kalau kita lihat itu kan rata (bentuk tongtol). Kalau dia nanti dia enggak bisa pas untuk mentap-nya malah jadi susah, soalnya bentuknya lurus doang," katanya.

Lebih dari itu, Gemilang meminta supaya pemerintah bersama seluruh stakeholder yang bersangkutan agar segera menyiapkan GTO yang sesuai untuk kendaraan besar seperti truk. "Jadi kan kalau truk selama ini beda tinggi dengan kendaraan yang lain. Jadi disediakan lah fasilitas untuk membayar," tukasnya. (***)

Web Traffic

2.png8.png0.png7.png0.png6.png
Today363
Yesterday1305
This week363
This month19314
Total280706

Visitor Info

  • IP: 54.145.51.250
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

2
Online

2017-12-18

Cari Info