Schneider Electric, perusahaan global di bidang manajemen energi dan automasi asal Perancis, memperkenalkan EcoStruxure Power dalam pameran Electric, Power & Renewable Energy Indonesia 2017 di JiExpo, Kemayoran, Jakarta 6-9 September 2017. “EcoStruxure Power adalah arsitektur digital terbuka untuk manajemen energi di sektor bangunan, merespon pergeseran paradigma bisnis kelistrikan yang makin condong ke arah desentralisasi, dekarbonisasi, digitalisasi dan penggunaan listrik yang lebih banyak.

EcoStruxure Power dapat menjadi jawaban terhadap tantangan pengelolaan energi di Indonesia karena arus Internet of Things (IoT) yang mengubah bagaimana kita mengonsumsi dan mengelola energi,” kata Xavier Denoly, Country President Schneider Electric Indonesia.

Menurut Forum IoT Indonesia, tahun 2022 akan ada sekitar 400 juta perangkat sensor yang terpasang dalam sistem kelistrikan di Indonesia, sehingga nanti hampir seluruh perangkat listrik bisa saling terkoneksi dan saling berkomunikasi sehingga pengelolaan listrik menjadi jauh lebih efisien dan produktif. EcoStruxure Power bisa diadopsi untuk menyatukan aneka perangkat yang saling terkoneksi itu, edge control, aplikasi, analitik, dan layanan perusahaan menjadi kerangka kerja yang terhubung dan terpadu untuk semua rantai distribusi dan manajemen daya. Tersedia tiga tingkatan produk yang ditawarkan dalam solusi ini.

Pada tingkat dasar terdapat Power Tag yang juga baru diluncurkan di Indonesia berupa perangkat sensor wireless yang dapat secara akurat memantau konsumsi listrik secara real time di bangunan kecil sampai fasilitas berskala besar. Terpasang bersama miniature circuit breaker (MCB), PowerTag memberikan informasi yang sangat terperinci mengenai konsumsi dan beban listrik seperti arus, voltase, daya, kelebihan beban, dan lain-lain. Teknologinya juga memungkinkan pendeteksian dan pemberitahuan potensi masalah sebelum terjadi melalui peringatan yang tersampaikan langsung ke ponsel cerdas atau perangkat seluler lainnya.

Tingkat kedua adalah edge control yang memungkinkan kontrol operasi baik di lokasi atau melalui aplikasi penyimpanan data cloud. Contohnya adalah EcoStruxure Power Monitoring Expert, paket perangkat lunak manajemen listrik yang terbuka, interoperable dan terukur yang memungkinkan pelacakan kondisi daya secara real time untuk membantu meningkatkan efisiensi dan keandalan tenaga listrik.

Kemudian EcoStruxure Building Operation, software manajemen bangunan yang dapat dimonitor secara real time dan diklaim bisa menghemat daya hingga 30 persen. Tingkat ketiga adalah aplikasi, analitik dan layanan yang memungkinkan pelanggan membuat keputusan yang tepat dan tangkas untuk memastikan keandalan daya sambil mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

“EcoStruxure Power dapat dioperasikan untuk pelanggan di banyak sektor seperti grid, industri, data center dan bangunan skala kecil hingga fasilitas-fasilitas besar seperti gedung pencakar langit atau pabrik,” jelas Martin Setiawan, Vice President Partner Project & Ecobuilding Schneider Electric Indonesia. Di banyak fasilitas besar misalnya, pemadaman listrik bisa menghabiskan biaya lebih dari USD1 juta per hari.

EcoStruxure Power meningkatkan ketersediaan dan keamanan listrik di bangunan itu dengan memantau keseluruhan jaringan dan meningkatkan perlindungan terhadap sengatan listrik, kebakaran, dan ledakan. Berdasarkan pengalaman, solusi ini berhasil mengurangi hingga 40 persen downtime yang tidak terjadwal akibat kualitas aliran listrik yang seringkurang stabil.

Untuk aplikasi di bangunan kecil dan menengah, EcoStruxure Power juga menyediakan alat berbasis cloud sederhana untuk memudahkan pengoperasian otomatis yang dapat dengan cepat menerapkan tindakan korektif jika terjadi gangguan. Penghematan energi bisa mencapai 30 persen dengan memasang panel yang terhubung, memantaunya, dan menerapkan tindakan perbaikan berdasarkan analisis data yang diterima dari sistem EcoStruxure Power. (***)

Web Traffic

2.png5.png3.png7.png2.png7.png
Today257
Yesterday858
This week2996
This month19423
Total253727

Visitor Info

  • IP: 54.145.117.60
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

5
Online

2017-11-23

Cari Info