Sebagai komitmen sosial kemasyarakatan, perusahaan kopi terbesar di Indonesia, PT Santos Jaya Abadi, selaku produsen kopi Kapal Api menggelar acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Posyandu Awan di Toraja Sulawesi Selatan, 23-24 Agustus 2017.

Posyandu Awan ini akan lebih lebih bagus pelayanannya kepada ibu dan anak-anak karena berbasis Internet dengan aplikasi Android dari pada pelayanan Posyandu yang selama ini dilakukan secara manual yang terkadang pencatan data ibu dan anak tidak lengkap/akurat.  Dengan Posyandu Awan berbasis internet maka rekam medis ibu-ibu hamil, menyusui, anak-anak yang perlu diobati, vaksinasi dan pelayanan kesehatan lainnnya semakin cepat penanganannya.

Kapal Api adalah merek kopi yang hingga saat ini masih menjadi Top of Mind peminum kopi di Indonesia. Merek yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak 1927 itu selalu meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award dan Halal Award masih tetap dipercaya menjadi merk terbaik pilihan konsumen Indonesia.

Bicara soal kopi, RI punya beragam jenis kopi dengan kualitas terbaik. Ada Kopi Sidikalang Dairi, Kopi Kalosi Toraja, Mandailing, Gayo, dan Timor. Indonesia juga punya kopi yang sangat eksotis, yakni Kopi Luwak, yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Kapal Api Global memiliki kebun kopi Kalosi Toraja di Tana Toraja, yang juga dihuni banyak binatang luwak.Inilah salah satu competitive advantage dari group kapal api yang tidak dimiliki perusahaan manapun di dunia.

Rahasia sukses Kapal Api

Komisaris PT Santos Jaya Abadi Christeven Mergonoto mengatakan Kopi merek Kapal Api sebagai perusahaan keluarga sudah sekitar 95% dikelola professional. Dia sebagai komisaris tetapi bertugas fokus terhadap marketing dalam dan luar negeri serta pengembangan bisnis.

Di sisi lain, Digital Strategy Director Era Galaxy yang juga merupakan generasi kedua, Veronica Sutantio mengatakan banyak pengorbanan yang kita lakukan untuk melanjutkan bisnis yang telah di rintis orang tua, termasuk harus melewatkan waktu berlibur keluarga karena ada jadwal launching suatu proyek development, yang saat itu tidak bisa ditinggalkan."Inilah komitmen kita sebagai penerus bisnis," ujarnya.

Lebih lanjut Board of Commisioner PT Kapal Api Global, Santos Jaya Abadi group, Christeven Mergonoto mengatakan perseroan senantiasa turut mendorong pengembangan industri pengolahan kopi dan bakal terus melahirkan inovasi produk serta meningkatkan ekspor.

Geliat bisnis Santos terlihat dari kebutuhan bahan baku kopi yang terus bertambah saban tahun. Tahun 2013 sebanyak 82,8 ribu ton, 2014 menjadi 85,2 ribu ton dan sepanjang 2015 menembus 94,06 ribu ton. “Optimisme kami juga ditopang pangsa pasar grup Santos yang mencapai 60 persen. Penjualan tidak hanya ke domestik, tetapi juga ke luar negeri,” ujarnya.

Nilai pemasaran dalam negeri Santos mencapai Rp 10,75 triliun dan ekspor USD 15,35 juta atau Rp 207 miliar dengan asumsi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Rp 13.500. Pada tahun 2015, realisasi produksi kopi bubuk dan mix tercatat 374,67 ton yang dihasilkan oleh tiga pabrik. Lokasi pabrik berada di Karawang (1 unit) dan Sidoarjo (2 unit). Total nilai investasi Santos sekira Rp 4,27 triliun. (data Kemenperin)

Kapal Api Global merupakan perusahaan induk dari 7 unit bisnis yaitu Agel Langgeng, Excelso Multi Rasa, Fastrata Buana, Santos Jaya Abadi, Santos Premium Krimer, Sulotco Jaya Abadi dan Weiss Tech.

Agel Langgeng merupakan produsen permen dan biskuit. Adapun produknya adalah Relaxa, Gingerbon, Bontea, Espresso, Yesco, Permen Kopi Kapal Api, Oatbits, Oat8, HiCal dan Lovy.

Excelso Multi Rasa adalah unit bisnis Kapal Api yang bergerak di bisnis kafe. Fastrata Buana merupakan distributor resmi dari semua produk Grup Kapal Api. Santos Jaya Abadi adalah produsen kopi yang memprodukasi Kopi Kapal Api, Goodday, ABC, Ya, Excelso, Kapten dan Ceremix.

Santos Premium Krimer merupakan unit bisnis Kapal Api yang memproduksi krimer. Sulotco Jaya Abdi adalah perkebunan kopi milik Kapal Api yang menghasilkan kopi arabik (**)

Web Traffic

1.png9.png8.png2.png1.png9.png
Today180
Yesterday1030
This week6098
This month21254
Total198219

Visitor Info

  • IP: 54.81.8.73
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

5
Online

2017-09-24

Cari Info