Vape lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan nama vapor, sejenis rokok elektrik yang dapat dijadikan alternatif pengganti daun tembakau rokok konvensional /rokok putih biasa disebut kretek atau filter. Rokok elektrik sebuah perangkat dengan power supplai tenaga battre untuk memberi dosis hirup hampir sama seperti merokok kretek, saat menggunakan vape rokok dapat tergantikan , nikotin pada rokok konvensional yang memberikan rasa kurang nyaman dan sehat namun di vape itu pun ada, menghirup asap sama sehingga menggantikan yang terbiasa dengan rokok menggunakan vape atau vapor

Kebanyakan orang bertanya efek buruk dari vape, biasanya yang menjadi pertanyaan dan ketakutan efek buruk yakni vape sendiri masih pro dan kontra di masyarakat. “ Kadang ada yang berasumsi kalau nikotine membuat kecanduan, bahaya bagi tubuh, di internet sudah ada reviewnya jika googling, bisa googleling sendiri bahwa nikotin hanya untuk memberikan rasa berat di tenggorokan, di vape sendiri tidak ada zat addictive yang menyebabkan ketergantungan, yang seperti di rokok konvensional, tar di vape ini sendiri sama sekali tidak ada, liquid atau cairan vape itu unsurnya food grab benar-benar tidak berbahaya, kandungan profilon glicol vegetableliserine seperti cairan campuran asap timbul dari pembakaran yang ada di kapas, cairan ditambah perasa dan menjadi liquid, liquid tersebut di tetes di kapas atau di tank dan menyerap kedalam kapas, sehingga saat dibakar/ di fireing akan menimbulkan asap/ disebut uap. “ Ujar Denis F. D kepada Wartawan.

Saat ditanyakan minimum usia pengguna vape Denis F.D pun menjawab; “Sejauh ini untuk di Indonesia masih 18 tahun keatas kalau untuk di luar negeri 21 tahun ke atas karena nikotin itu sendiri ada rasa tajam, kekuatiran nya anak kecil dibawah usia yang dianjurkan malah berbahaya.”, terangnya. Bertanya perihal membuka toko atau store di Lippo Cikarang, vision seperti apa , mengapa membuka toko vape di Lippo Cikarang ini? “ awalnya toko saya ini ada di Lippo Karawaci di tanggerang jadi baru muncul awal-awal vape di Indonesia, terkenal dan lagi boomingnya saya melihat saat ini Indonesia terlalu banyak anak muda yang terpengaruh bahkan bukan saja anak muda masih tergantung dengan rokok konvensional karena kandungan tar nya itu, berbahaya , sudah banyak iklannya masih saja di pakai, saya berpikir, ide saya untuk membuka toko vape karena ingin ng-egrab anak-anak muda untuk berhenti merokok lebih baik menggunakan vaping, kalau yang masih merokok jadi kandungan racun dibadan kalian oleh tar rokok jauh lah saat kalian pakai vape 2 sampai 3 hari kalian bisa tinggalin rokok.”, tandasnya.

Denis F. D dikenal dengan nama lengkap Denis Febrian Dihardja saat Majalah Berita Kota Industri berkunjung ke Tokonya di Lippo Cikarang ( 12 Juni 2017,) adalah seorang anak muda yang periang dan mengerti betul yang menjadi lifestyle anak muda, orang tuanya Papa Mamanya mendukung penuh usahanya tersebut, disela kunjungan sempat bertemu dengan Papanya bernama Herlan Dihardja seorang pengusaha Interior kelas atas untuk wilayah Jabodetabek, yang juga Denis F D anaknya seorang Disign Grafis Interior Bangunan dan membuka toko vape atau vapor. Denis menggunakan vape dari tahun 2013 sampai sekarang dan tidak merokok lagi, kalau kalian start vaping 2 sampai 3 hari kalian sudah bisa tinggalin rokok asalkan niat kalian ada untuk berhenti merokok bukan style doang. Ini bisa menjadi lifestyle tetapi tujuan utamanya untuk memberhentikan teman-teman yang masih merokok lifestyle.” Tandasnya.

Menyinggung perokok usia 30-an bagaimana, denis menjawab sebenarnya mereka selain hanya menggunakan alat seperti pipe/ popeye di vape pun menyediakan, biasanya mereka suka dengan rasa seperti itu atau aroma seperti itu di vape pun ada rasa –rasa yang menyerupai bau tembakau, cerutu, buat orang tua sekalipun kita punya solusi untuk berhenti.” Tegasnya.

Operasional Toko 12.00 Siang – 12.00 malam setiap hari. Untuk tutup selama masih ada customer kita selalu melayani, untuk anak sekolah berseragam selam KTP 18 tahun keatas kita perbolehkan masuk karena kita mendukung pemerintah perihal anak dibawah umur dekat dengan hal negative. Denis bersedia memperkenalkan Vape melaui tokonya ini kepada masyarakat, Vape itu seperti apa, kelebihan dari rokok elektrik asapnya tidak bau , tidak menghasilkan abu hasil pembakaran vape, vape praktis untuk dibawa kemana-mana. Menghasilkan sedikit CO2/ karbonmonoksida jadi ramah lingkungan, go green banget tidak mengganggu orang disekitar asapnya orang biasa merokok di bus, bar, kalau vape asapnya wangi, asapnya mudah hilang, tidak menempel seperti rokok tembakau/ rokok putih, tidak mengandung 3000 zat beracun seperti ada dalam tembakau.

Vapers menggunakan vape di publik, di transportasi publik vaper mempunyai tata krama ber-vaping, kalau disaat begitu banyak orang asapnya mengganggu sekalipun tidak beracun, tahu diri, masalah itu sepertinya kesadaran diri sendiri saja, tempat khusus perokok yang disediakan saat ini diadakan karena memang zat-zat yang dihasilakn rokok konvensional beracun, ada 3000 zat beracun, kalau vape sendiri tidak ada zat beracunnya jadi tidak dilarang ditempat umum, Cuma karena menghasilkan asap yang menggangu penglihatan atau menggqanggu orang yang tidak suka asap, kadang orang tidak suka, jadi untuk vape tidak ada tempat khusus dan tidak dilarang kecuali di mall dilarang menggunakan asap, istilah perokok pasif tidak ada di vape, vape dapat digunakan di ruangan ber-AC , tidak bikin kotor, yang ada membuat wangi ruangan, gigi tidak menguning akibat zat tar dari rokok, kalau vape ini tidak ada tarnya, kalau rokok mudah habis kalau vape sampai liquid kalian habis bisa bertahan 1-3 tahun alat nya tersebut, tidak membuang- buang uang kecuali menyangkut mengikuti trend model yang terbaru. Vape menggunakan kipping pintar dan sensor aerodinamis mengkontrol asap yang dihasilkan, mau sebanyak apa asapnya bisa diatur sendiri, tidak seperti rokok.

Perlu diketahui Nikotin di rokok konvensional 1,1 mg/ batang artinya 20mg/bungkus sedangkan di vape kandungan nikotinnya 300 kali hisap baru setara1 bungkus rokok konvensional berisi 20 batang. Kalau tidak menggunakan nikotine pun bisa hanya saja apakah orang yang mau berhenti di vape ininikotine itu di vape itu yang benar perokok berat. Asap pada vape aya menimbulkan rasa manis di indra perasa, ada yang rasanya dingin, ada juga yang aromatic, kalau manis tergantung selera, setiap liquid memiliki ciri khas masing- masing. Kalau rasa anggur benar-benar seperti kita makan anggur hanya tidak seperti anggur benaran, wanginya ada asamnya pun ada”, jelas Denis.

Bahaya rokok elektrik dan Vape kalau tidak terlalu paham menggunakan vape tidak mengerti tetapi mencoba-coba alatnya itu dapat meledak dan pernah terjadi jadi battrenya itu meledak karena suhu yang panas, cara membuat coilnya salah, battre tidak terlalu bagus. Pengoplosan nikotine ke cairan liquid , rokok elektrik dengan vaping sama menggunakan cairan sebenarnya di rokok elektrik menggunakan cairan namun tidak dapat diisi ulang, setelah habis berarti cairannya habis. Pertama kali buka toko di karawaci kebanyakan pembeli anak muda mereka yang tadinya menggunakan rokok ketika menggendong anak bayi, anaknya sendiri kadang tidak terlalu betah karena banyak kandungan zat dari tembakau itu di badannya, si anak yang penciumannya masih tajam itu kurang betah, ketika dia vaping kurang lebih 2 minggu bayi itu lebih mau digendong karena bau dari kandungan tembakau rokok sudah mulai hilang, vaping itu baguis untuk mengurangi zat karena merokok konvensional.”, Pungkasnya.

Denis F. D memiliki MOTTO dalam vaping dan sebagai Vapers pengguna Vape yakni “VAPE IS NOT CRIME” Vape bukanlah kriminal.

VAPEYARD beralamat di Ruko Ventura(sebelah sekolah Trinitas No.5 Lippo Cikarang Bekasi Indonesia (Sebelah Alfamart) Buka jam 12.00 siang sampai jam 12.00 malam setiap hari. Silahkan berkunjung. (Bagi karyawan Pabrik menggunakan sragam dan mengetahui info dari Majalah Berita Kota Industri baik online dan cetak mendapat promo khusus). Diwawancara oleh Yohanes A Januardi Narasumber : Denis Febrian Dihardja

Web Traffic

1.png2.png3.png8.png0.png6.png
Today640
Yesterday711
This week3982
This month18341
Total123806

Visitor Info

  • IP: 54.80.210.251
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

5
Online

2017-06-24

Cari Info